14 February 2011

Yuuk bikin Vixi-Mu makin Joss dgn modal -+ 56 rebu perak

OTOMOTIFNET - Bikin tunggangan agar lebih enak, ternyata tak mesti keluar dana banyak. Salah satunya bagi penunggang Yamaha V-Ixion, ingin tarikan lebih maknyus cukup bermodal uang Rp 56 ribu! Masak sih? Mau bukti? Simak terus…!

Bermodal per kopling (PK) yang punya daya pegas lebih kuat, agar dorongan pada rangkaian kampas makin besar, sehingga lost power bisa diminimalkan, tarikan pun lebih yahud! Pakai per kopling apa?

“Punya Honda Tiger,” ujar Jalaludin, kepala mekanik bengkel Pelangi Motor, di Jl. Boulevard Timur Blok NE No.61-62, Kelapa Gading, Jakut. Kata mekanik yang biasa dipanggil Puku ini, dimensi keduanya mirip, tapi milik Tiger lebih keras.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Jika diamati, keduanya sangat mirip (gbr.1). Perbedaan akan kentara jika diamati secara detail. Seperti diameter batang, PK Tiger sedikit lebih besar. Sedang panjang per beda sekitar setengah ulir, V-Ixion 8 ulir, Tiger 7,5 ulir. Namun jika ditekan masih lebih kuat PK Tiger.

Sedang diameter luar per, sedikit lebih besar milik Tiger (gbr.2), “Namun bisa terpasang plug and play, kok,” lanjut Puku.

Menariknya, harga PK Tiger asli tergolong terjangkau. “Cuma Rp 6.500 per biji,” bilang Agustinus Purwanto, mekanik spesialis Tiger di Purwokerto. Artinya jika beli 4 biji hanya Rp 26 ribu, lebih murah dari milik V-Ixion yang per biji Rp 15 ribu. Jika ditambah ongkos bongkar pasang Rp 30 ribu, maka totalnya Rp 56 ribu.



Mau tahu cara pasangnya? Puku berbaik hati mempraktikkannya. Pertama kuras oli dengan membuka penutupnya pakai kunci ring 19. Sambil menunggu oli turun, buka 2 baut stopper kick starter pakai kunci T-12 (gbr.3).

Lanjut melepas kick starter, dengan membuka murnya pakai kunci ring 19. Setelah itu buka ke-11 baut bak kopling pakai kunci T-8, kendurkan dulu satu per satu baru dilepas. Nah tinggal tarik bak koplingnya (gbr.4), jika sulit ketok dulu pakai palu karet.

Gbr 5

Gbr 6
Nah kini terlihat rangkaian kopling. Konsentrasikan pada keempat baut per kopling. Ambil kunci T-10 untuk membukanya (gbr.5), “Bukanya bersilang, agar baut tak sleg atau patah,” wanti Puku.

Jika keempat baut sudah lepas, tarik deh per koplingnya (gbr.6). Sekarang pasang PK milik Tiger, dijamin langsung plek tanpa kendala. Nah rangkai lagi dengan langkah kebalikan proses membongkar. Jangan lupa isi lagi olinya ya!

Rasakan tarikannya! Dijamin lebih jos!

Penulis/Foto: Aant / Aant

Sumber

bimz